peristiwa pra kemerdekaan RI (uji kompetensi)

| |

Uji kompetensi kls 8 : Peristiwa Seputar Kemerdekaan Indonesia

1.    Kapan terbentuknya BPUPKI serta tujuan pembentukkannya !
2.    Kapan terbentuknya PPKI  serta tujuan pembentukkannya !
3.    Tuliskan kronologi peristiwa proklamasi  kemerdekaan RI mulai tgl 15 agust us 1945!
4.    Tuliskan peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan RI !
5.    Sebutkan kelengkapan pemerintahan Indonesia pasca kemerdekaan !
6.    Sebutkan sarana penyebaran berita proklamasi ke seluruh tanah air!


KUNCI JAWABAN
1.    Kapan terbentuknya BPUPKI serta tujuan pembentukkannya !
tanggal 1 Maret 1945 diumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan  Indonesia (BPUPKI), dalam bahasa Jepangnya Dokuritsu Junbi Cosakai dan tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting yang berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara Indonesia Merdeka.

2.    Kapan terbentuknya PPKI  serta tujuan pembentukkannya !
tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan sebagai gantinya adalah dibentuknya Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang bahasa Jepangnya adalah Dokuritsu Junbi Inkai danTugas PPKI adalah mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia.

3.    Tuliskan kronologi peristiwa proklamasi  kemerdekaan RI mulai tgl 15 agust us 1945!
•    15 Agustus 1945 : Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu, berita kekalahan yang disembunyikan itu tersiar melalui radio DOMEI. Golongan Muda yang mendengar pidato Hirohito dari radio DOMEI adalah Sutan Syahrir. Penyerahan Jepang dilakukan di atas kapal MISSOURI yang sedang berlabuh di Teluk Tokyo, 2 September 1945. Terjadinya Vacum of Power di Indonesia.
•    16 Agustus 1945 : Terjadi peristiwa Rengasdengklok.
•    17 Agustus 1945 : Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Penyebarluasan berita Proklamasi.

4.    Tuliskan peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan RI !
mensahkan rumusan Pancasila Dasar Negara yang otentik  tanggal 18 Agustus 1945 besert pembukaana dan batang tubuh undang-undang Dasar 1945

5.    Sebutkan kelengkapan pemerintahan Indonesia pasca kemerdekaan !
Yaitu berdasarkan hasil sidang PPKI
Sidang Pertama, yang berlangsung tanggal 18 Agustus 1945 menghasilkan keputusan sebagai berikut:
1.    Mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang kemudian dikenal sebagai Undang-Undang Dasar 1945.
2.    Pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama.
3.    Sebelum terbentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat, pekerjaan presiden untuk sementara waktu dibantu oleh Komite Nasional.

Sidang Kedua, yang berlangsung tanggal 19 Agustus 1945 menghasilkan keputusan sebagai berikut:
1.    Pembagian wilayah menjadi 8 provinsi.
2.    Pembentukan Komite Nasional lndonesia Pusat dan Daerah
3.    Pembentukan Departemen/Kementerian

Sidang Ketiga,yang berlangsung tanggal 22 Agustus 1945 menghasilkan keputusan sebagai berikut :
1.    Pembentukan Komite Nasional.
2.    Pembentukan Partai Nasional lndonesia.
3.    Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.


6.    Sebutkan sarana penyebaran berita proklamasi ke seluruh tanah air!
Penyebarluasan berita itu dilakukan melalui sarana-sarana berikut :

a. Kantor Berita “Domei” Pada tanggal 17 Agustus 1945 sekitar puku1 18.30 WIB. wartawan Kantor Berita Domei (Sekarang Kantor BeritaAntara) Syahrudin menyampaikan salinan teks proklamasi kepada Waidan B. Panelewen. Ia segera memerintahkan kepada Markonis (petugas telekomunikasi) F. Wuz untuk menyiarkan
berita tersebut tiga kali berturut-turut. Ketika Kantor Berita Domei disegel Jepang pada tanggal 20 Agustus 1945 para pemuda tersebut membuat pemancar baru di Menteng 31
dengan kode panggilan DJK 1. Tokoh yang berperan antara lain: Sutamto, Susilaharja, dan Suhandar.

b. Radio Pada tanggal 17 Agustus 1945, Syahrudin berhasil memasuki ruang siaran radio Hoso Kanri Kyoku (sekarang RRI). Tepat puku1 19.00 teks proklamasi berhasil disiarkan, M. Yusuf Ronodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto adalah tokohtokoh yang berperan besar dalam menyiarkan berita proklamasi tersebut.

c. Kawat Telepon Adam Malik yang waktu itu sebagai wartawan menyampaikan teks proklamasi melalui telepon kepada Asa Bafaqih yang kemudian diteruskan kepada Penghulu Lubis untuk mendapatkan pengesahan lolos sensor. Selanjutnya dikawatkan ke daerah-daerah.

d. Surat Kabar (Pers) Harian “Suara Asia” di Surabaya adalah koran pertama
yang menyiarkan berita proklamasi. Para pemuda yang berjuang lewat pers, antara lain B.M. Diah, Sukarjo Wiryo Pranoto, Iwa Kusuma Sumantri, Ki Hajar Dewantoro, Otto
Iskandardinata, GS.S.J. Ratulangi, Adam Malik, Sayuti Melik, Sutan Syahrir, Madikin Wonohito, Sumanang SH, Manai Sophian, dan Ali Hasyim.

e. Anggota PPKI dari Daerah Berita proklamasi secara resmi dibawa dan disebarluaskan keluar pulau Jawa melalui para anggota PPKI yang berasal dari daerah yang kebetulan menyaksikan peristiwa proklamasi dan menghadiri sidang PPKI. Anggota tersebut antara lain: Teuku Muhammad Hasan (Sumatera), Sam Ratulangi  (Sulawesi), Ketut Puja (Nusa Tenggara), dan AA Hamidhan (Kalimantan).

f. Sarana Lain Berita proklamasi kemerdekaan Indonesia juga disebarkan melalui pemasangan pamflet, poster, dan coretan pada tembok-tembok dan gerbong-gerbong kereta api.

0 komentar:

Posting Komentar